STRATEGI PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA AKUN INSTAGRAM @ENOWCUSTOM

Feri Kurniawan, Bambang Srigati, Dian Rhesa Rahmayanti

Abstract


Instagram sebagai media promosi online dimanfaatkan oleh sebagian besar pemilik akun instagram untuk berbisnis online. Salah satu toko yang memanfaatkan instagram sebagai media pemasarannya adalah toko online shop dengan nama akun instagramnya @enowcustom spesialis kaos custom dengan jumlah follower 15,1 ribu dan mampu menjual ratusan kaos custom dalam periode satu bulan hanya dengan mengandalkan foto dan video yang menarik untuk dipromosikan lewat instagram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital pada akun instagram @enowcustom. Metode penelitian yang dipergunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan komunikasi pemasaran dilakukan melalui media instagram yang digunakan oleh owner online shop @enowcustom. Fitur yang paling sering digunakan adalah fitur upload foto instastory dan highlights story. Fitur instastory digunakan untuk menginformasikan produk yang terbaru dan situasi toko setiap harinya. Sedangkan untuk upload foto digunakan untuk memposting produk-produk baru dengan layout yang menarik. Sedangkan highlights story digunakan untuk memberikan informasi penting seperti cara pemesanan online, petunjuk lokasi toko, alamat shopee dan lainnya. Keunggulan online shop ini terletak pada tersampaikannya pesan kepada konsumen dengan fitur-fitur yang ada pada instagram, harga, dan produk pada setiap variasi produk. Kelemahannya dibutuhkan waktu untuk desain karena semua desain by request. Selain itu @enowcustom juga memiliki outlet offline yang memiliki dampak besar dalam proses pemasaran produknya.

Kata kunci: Strategi, Instagram, Pemasaran Digital, Media Komunikasi


Full Text:

PDF

References


Diem, Daisy Ade Riany dan Widiya Yulianti. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Akun Instagram @Kaosdisablon di CV. Purwa Satya). Jurnal Manajemen Industri STT Wastukancana Purwakarta. Vol. I-No 2.

Hildayanti, Mira dan Yulia Sariwaty. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Produk Orange Button (Studi Pada PT Pinisi Terbang Menari). Jurnal Purnama Berazam. Vol. 2, No. 1, Oktober.

Juliana, Batubara. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling. Volume 3, No. 2.

Kumparan. (2020). “Riset: 64% Penduduk Indonesia Sudah Pakai Internet”. https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp/full.

Sa’diya, Lailatus. (2017). Strategi Promosi Di Media Sosial Instagram Terhadap Kesadaran Merek Di Era Generasi Z. Competence : Journal of Management Studies. Vol. 11, No. 2.

Wicaksono, Punto. (2022). “Pengertian dan Manfaat Foto Produk”. https://qubisa.com/article/pengertian-dan-manfaat-foto-produk

Yunita, Hasmarani. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Greatstore Dalam Menggunakan Instagram Sebagai Media Promosi Online. eJournal Ilmu Komunikasi. Volume 8 (1) 2020 : 190-204 ISSN 2502-5961.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v2i1.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats