PENGARUH TERPAAN IKLAN YOUTUBE SHOPEE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNRIYO

Randy Hermawan Saputra, Warhi Pandapotan Rambe, Mohammad Solihin

Abstract


Hadirnya iklan media sosial Youtube tentu saja menimbulkan gegar yang cukup signifikan terhadap lanskap media iklan Indonesia. Dampak efektif dari terpaan iklan yang berulang kali yaitu memperoleh perhatian dan pengalaman dari individu penerima yang terkena terpaan pesan iklan tersebut, serta terbuka menerima pesan-pesan yang disampaikannya. Selain memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumennya. Shopee juga selalu memperkenalkan dan menanamkan image bagi konsumen terhadap mereknya dengan menggunakan berbagai periklanan termasuk di dalamnya media iklan di Youtube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel “Terpaan Iklan Youtube Shopee” terhadap “Minat Beli Mahasiswa”. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRIYO angkatan 2018 dan 2019, yaitu 43 mahasiswa. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Yamane, berdasarkan pada tingkat kesalahan 5%, sehingga sampel responden dalam penelitian ini adalah sebesar 43 sampel responden. Sementara teknik sampling yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil nilai koefisien determinasi variabel “Terpaan Iklan Youtube Shopee” terhadap variabel “Minat Beli”adalah sebesar 0,878 maka 77.8% terpaan iklan Youtube Shopee merupakan kontribusi dari variabel minat beli, sedangkan sisanya 22,6992% dapat dijelaskan oleh sebab – sebab lain. Dengan hasil yang dijabarkan dalam penelitian ini, bahwa nilai thitung (11,766) >ttabel (2,019).Angka tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: Terpaan, Iklan Youtube, Shopee, Minat Beli Mahasiswa, Ilmu Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asshidiqi, Ferdy Pradana. (2012). Pengaruh Terpaan Iklan TV Axis Versi “Berkah Blak-blakan” Terhadap Minat Membeli Kartu Perdana (Survey pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unirta Angkatan 2008). Skripsi. Ilmu Komunikasi Untirta. http://repository.fisip-untirta.ac.id/218/1/SKRIPSI%20KOM%20-%20Ferdy%20Pradana%20Ass-shiddiqi%20-%202012.pdf

Defleur, Melvin L dan Dennis Everette E. (1988). Understanding Mass Communication. Mss Hoghton Miffin Coy. Boston.

Iprice Group. (2022). Peta E‑Commerce Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Kriyantono, Rahmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Litlejohn, Stephen W. (1983). Theories of Human Communication, Edisi ke 2. California: Belmont Woodsworth.

Nuriqli, Putra Qomalludin Attar. (2010). Terpaan Iklan Produk AXE Terhadap Tanggapan Khalayak (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Terpaan Iklan Televisi Produk Axe Terhadap Minat Beli Pria Metroseksual di Komunitas Klub Mobil). Skripsi. Ilmu Komunikasi, Universitas Sebelas Maret. http://eprints.uns.ac.id/5 235/1/131060508201008121.pdf

Periamsyah, Subhan, Azhar Syahab. (2018). “Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee di Indonesia”. Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. SENSITEK 2018. STMIK Pontianak.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. (2001). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v2i1.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.