POLA KOMUNIKASI PEKERJA FULL REMOTE WORKING (STUDI KASUS PADA PEKERJA VISUALABS)

Yovita Riski Aulia Dindi, Riski Damastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi dan hambatan yang terjadi pada pekerja full remote working dengan studi kasus pada pekerja Visualabs Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori computer mediated communication (CMC) karena model CMC dapat mempelajari bagaimana perilaku manusia dibentuk melalui pertukaran informasi  lewat teknologi komunikasi digital. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penilitian ini adalah Chief Executive Officer (CEO), Human Resource Development (HRD), Customer Service (CS), Customer Service (CS), dan Designer Visualabs Indonesia yang telah ditentukan mengguankan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi yang terjadi pada pekerja Visulabs adalah pola komunikasi all channel. Proses komunikasi dilakukan melalui komputer dan alat elektronik lainnya sebagai media perantara untuk berbagi informasi, ide, audio dan video yang disebut dengan CMC. Hambatan komunikasi yang terjadi di Visualabs, yaitu miss komunikasi, miss persepsi, kesulitan dalam menunjukan ekspresi, hubungan sosial kurang terbangun, hanya bisa berteman melalui media sosial, komunikasi lebih berorientasi kepada pekerjaan, karyawan membatasi hubungan profesional dan non professional.

Kata Kunci: Kerja Remote, Komunikasi Termediasi Komputer, Pola Komunikasi, Komunikasi Virtual


Full Text:

PDF

References


Agbodzie, E. (2020). TELECOMMUTING. LAB-UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCES, 1-72.

Agrawal, S., Smet, A. D., Lacroix, S., & Reich, A. (2020). To emerge stronger from the COVID-19 crisis, companies should start reskilling their workforces now. Diakses pada 21 November 2021, dari https://www.mckinsey.com/business-functions/people-and-organizational-performance/our-insights/to-emerge-stronger-from-the-covid-19-crisis-companies-should-start-reskilling-their-workforces-now.

Alvin. (2021). Apa itu VN (voice note) di WA? Bagaimana menggunakannya? Diakses pada 25 Januari 2021, dari https://www.bukugue.com/fitur-voice-note-di-whatsapp/.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Anggraeni, L., & Ramadhani, A. H. (2021). Pola Komunikasi Civitas Akademik Dalam Ruang Virtual Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Sosial Humaniora, 12 (2) 154-168.

Antoro, T. (2021). Generasi Muda Diminta Manfaatkan Perkembangan Teknologi secara Positif. Jakarta: Diakses pada 20 Januari 2021, dari https://infopublik.id/kategori/nasional-politik-hukum/519961/generasi-muda-diminta-manfaatkan-perkembangan-teknologi-secara-positif.

Arnus, S. H. (2018). Pengaplikasian Pola Computer Mediated Communication (CMC) dalam Dakwah. Jurnal Jurnalisa, 16-30.

Bayu, D. J. (2021). Survei: Bekerja Jarak Jauh Makin Marak di Indonesia saat Pandemi Covid-19. Diakses pada 21 November 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/17/survei-bekerja-jarak-jauh-makin-marak-di-indonesia-saat-pandemi-covid-19.

Bubas, G., D. R., & Hutinski, Z. (2003). ASSESSMENT OF COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION COMPETENCE: THEORY AND APPLICATION IN AN ONLINE ENVIRONMENT. Journal of information and organizational sciences, Volume 27, Number 2 .

Bubas, G., D. R., & Hutinski, Z. (2003). Assessment Of Computer Mediated Communication Competence: Theory And Application In An Online Environment . Journal of information and organizational sciences, Volume 27, Number 2.

Catrina, E. (2020). WFH dan "Remote Working," Apa Bedanya? Diakses pada 21 November 2021, dari https://money.kompas.com/read/2020/06/12/074700826/wfh-dan-remote-working-apa-bedanya-?page=all.

Corston, R., & Colman, A. M. (1996). Gender and social facilitation effects on computer competence and attitudes toward computers. Journal of Educational Computing Research, 171-183.

Diana, & Misran. (2021). Peran Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan. Kelola: Jurnal of Islamic Education Management, 1 -8.

Firmansyah, M. I. (2021). Kiat Mahir Mengoperasikan Zoom Meeting Melalui Pengaturan Dasar dan Lanjutan. Diakses pada 2 Februari 2021, dari http://news.unair.ac.id/2021/09/28/kiat-mahir-mengoperasikan-zoom-meeting-melalui-pengaturan-dasar-dan-lanjutan/.

Guritno, T. (2021). Kasus Aktif Covid-19 Tinggi, Pemerintah Diminta Tetapkan Kebijakan WFH 100 Persen. Jakarta: Kompas.com.

Harahap, D. N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: CV Jejak.

JujungNet. (2021). Apa perbedaan mendasar antara WhatsApp dan Telegram? Diakses pada 20 januari 2021, dari https://jujungnet.id/blog/apa-perbedaan-mendasar-antara-whatsapp-dan-telegram.

Kapriadi, P. R., & Irwansyah. (2020). Implementasi Computer Mediated Communication Dalam Digital Staffing Berbasis Mobile Application dan Online Platform di Perusahaan Startup . KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 382 - 399.

Lunenburg. (2011). Network Patterns and Analysis: Underused Sources to Improve Communication Effectiveness. Communication Effectiveness Journal, 2-3.

Mamik. (2015). Metode kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

McKenna, K. Y., Green, A. S., & Gleason, M. (2002). Relationship formation on the Internet: What’s the big attraction? . Journal of Social Issues, 9–32.

Mulawarman, K., & Rosilawati, Y. (2014). Komunikasi Organisasi Pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta Untuk Meningkatkan Pelayanan. Jurnal Makna, 31 - 41.

Nugroho, A. (2021). Pandemi Jadi Kambing Hitam Krisis Ekonomi Global. Diakses pada 28 November 2021, dari https://publika.rmol.id/read/2021/08/12/500176/pandemi-jadi-kambing-hitam-krisis-ekonomi-global.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan , 216 - 232.

Prathiwi, G. L. (2020). Analisis Kendala Penggunaan Bahasa Dalam Pekerjaan Pada Masyarakat Sunda. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 129-147.

Pratiwi, Y. R. (2020). Dua Sisi Work Form Home (WFH). Diakses pada 28 November 2021, dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-banjarmasin/baca-artikel/13030/Dua-Sisi-Work-Form-Home-WFH.html.

Ramadhani, B. R., Ayuningtya, D. P., Rahayu, N. A., Robiansyah, R., Andhika, R. F., & Hidayat, D. (2021). POLA KOMUNIKASI KARYAWAN PADA MASA WORK FROM HOME. Jurnal Digital Media & Relationship, 24 - 29.

Sejati, V. A. (2019). Penelitian Observasi Partisipatif Bentuk Komunikasi Interkultural Pelajar Internasional Embassy English Brighton, United Kingdom. Jurnal Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21 - 24.

Semiawan, P. D. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Cibinong, Jawa Barat: Grasindo.

Siregar, R. S., & Ramadhan, M. R. (2021). Pengaruh Perilaku Bermediasi Komputer Berdasarkan Tipologi Komunikasi Keluarga Selama Masa Pandemi Covid-19. e-Proceeding of Management (pp. 1886-1894). Telkom University.

Siregar, R. S., & Ramadhan, M. R. (2021). Pengaruh Perilaku Bermediasi Komputer Berdasarkan Tipologi Komunikasi Keluarga Selama Masa Pandemi Covid-19. e-Proceeding of Management, (p. 1886).

Spitzberg, B. H. (2006). Preliminary Development of a Model and Measure of Computer-Mediated Communication (CMC) Competence. Journal of Computer-Mediated Communication, 629 - 666.

Stephanie, C. (2021). Pesan Suara WhatsApp Bisa Didengar Sebelum Dikirim, Begini Caranya. Diakses pada 25 Januari 2021, dari https://tekno.kompas.com/read/2021/06/01/19010067/pesan-suara-whatsapp-bisa-didengar-sebelum-dikirim-begini-caranya.

Susilowat, A. S., Wicaksana, S. A., & Wardhani, F. D. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Individu Untuk Berubah pada Karyawan Senior di PT. XYZ. Jurnal Iilmiah Psikologi Mind Set.

Trihapsari, E. N. (2016). Pola Komunikasi Interpesonal Kepala Madrasah Tsanawiyah Tridana Mullya Kecamatan Landono Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Al-Ta'dib, 9 (2).

Wolak, Mitchell, & Finkelhor. (2002). Close online relationships in a national sample of adolescents. Adolescence,, 441-445.

Yasmin, R. A. (2020). APA ITU COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION? Malang: BINUS EDUCATION.

Yip, B., & Perasso, V. (2021). Asal Covid-19: Apakah kita perlu tahu dari mana asal virus corona ini? Diakses pada 28 November 2021, dari https://www.bbc.com/indonesia/dunia-57590872.

Yuliana, R. (2012). Peran Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal STIE Semarang, 52 - 58.

Zemke, R., Raines, C., & Filipczak, B. (2000). Generation at Work: Managing the Clash of Veterans, boomers, Xers and Nexters in your Workplace. New York: Amacom.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v2i1.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats