BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO ANGENTYAS DI KABUPATEN TEMANGGUNG (DESKRIPTIF KUALITATIF BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO ANGENTYAS DI KABUPATEN TEMANGGUNG)

Anis Latifah, Umar Basuki

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh toko Angentyas di Kabupaten Temanggung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan teori pengetahuan persuasi (persuasion knowledge model theory) serta bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Angentyas berhasil dalam meningkatkan penjualan produk peralatan rumah tangga dengan menggunakan teori pengetahuan pengalaman owner dalam merintis usaha, dengan pengalaman berbelanja online membuat mereka terus mendalami e-commerce guna memajukan bisnis. Toko Angentyas berusaha menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) 7P, yakni: 1) Product (produk). 2) Price (harga). 3) Place (tempat). 4) Promotion (promosi) dengan menerapkan promotion mix seperti Advertising (periklanan), Sales promotion (promosi penjualan), Direct marketing (pemasaran langsung), Public relation (hubungan masyarakat), Internet marketing (pemasaran melalui internet). 5) People (partisipan/orang). 6) Process (proses). 7) Physical evidence (lingkungan fisik).

Kata kunci: Teori Pengetahuan Persuasi, Bauran Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi, Toko Angentyas

Full Text:

PDF

References


A. Nadya Nurul Aprilidayamti Muktahim. (2019). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum pada Safari Parfum di Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Ahmad, Fawaid. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Arifin, Zainal. (2012). Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nur Laili Niswa, (2020). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Fashion Muslim Pada Toko Antaradinhijabs Di Shopee. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat Belas. Jakarta: Indeks 87.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v1i2.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.