KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA MELALUI PENGGUNAAN DIREKTORI BISNIS

Oktafiani Herlina

Abstract


Pariwisata memberikan dampak positif bagi industri pariwisata dan perekonomianan negara. Pengembangan sektor ini harus disertai dengan pemanfaatan teknologi dalam melakukan pemasaran pariwisata. Pemasaran pariwisata dapat dilakukan dengan menggunakan sistem komunikasi pemasaran terpadu melalui direktori bisnis pariwisata. Tujuan riset ini adalah meneliti penggunaan direktori bisnis untuk aktivitas pemasaran melalui fitur dan informasi yang disajikan. Riset ini menggunakan metode kualitatif untuk mengatur, menganalisa, dan memahami seluruh informasi yang ada. Hasilnya, direktori bisnis pariwisata dapat digunakan untuk membantu mempromosikan produk dan jasa pariwisata. Direktori bisnis dapat digunakan sebagai ruang pajang untuk memasarkan produk dan jasa pariwisata sehingga dapat memudahkan calon konsumer dalam melakukan pembelian. Penggunaan sistem distribusi global dalam pemasaran rantai jasa pariwisata dapat memenuhi tantangan digitalisasi untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas.

Kata Kunci : Pariwisata, Komunikasi Pemasaran, Digitalisasi, Direktori Bisnis

Full Text:

PDF

References


Afolalu C. A, Oi. K. . & N. C. . (2016). A Point-Of-Interest Directory For Mobile Tourists In Abuja, Nigeria. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST), Vol. 3(Issue 10), 5642–5650. file:///D:/PENELITIAN/industri pariwisata indo/Bahan Jurnal/mobile tourism.pdf

Azmi,Fajri Surya dan Rahmah, E. (2018). Direktori Pariwisata di Kota Pariaman. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, Vol. 7, No, 220–225. file:///D:/PENELITIAN/industri pariwisata indo/Bahan Jurnal/DIREKTORI PARIAMAN.pdf

Belch, George E, M. A. B. (2007). Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communication Prospective (G. E. & M. A. B. Belch (Ed.); 7th Editio). MC Graw Hill International Edition.

Buhalis, D. (2003). E-tourism Information Technology for Strategic Tourism. Prentice Hall.

Jannah, M. (2017). Persepsi Pengelola Hotel di Kota Pekanbaru terhadap Fungsi OTA (Online Travel Agent) sebagai Alat Pemasaran. JOM FISIP, Vol. 4 No., 1–11. file:///D:/PENELITIAN/industri pariwisata indo/Bahan Jurnal/OTA.pdf

Mihajlović, Iris, P. (n.d.). The Impact of Information and Communication Technology (ICT) as a Key Factor of Tourism Development on the Role of Croatian Travel Agencies. International Journal of Business and Social Science, Vol. 3 No.(Special issue), 151–159. file:///D:/PENELITIAN/industri pariwisata indo/Bahan Jurnal/E-tourism.pdf

Moutinho, L. (2000). Strategic Management in Tourism. CABI Publishing.

Ragam Pariwisata Wisata Indonesia di Mata Dunia. (2020). https://indonesia.go.id/ragam/pariwisata/pariwisata/wisata-indonesia-di-mata-dunia

Sidik, B. (2020). Lompatan Pariwisata Indonesia di Kancah Global. https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/01/19/lompatan-pariwisata-indonesia-di-kancah-global/

Suyanto, A. H. (2009). Web Design Theory and Practces (S. Suyantoro (Ed.); Cetakan Ke). CV Andi Offset.

Thomas, Suselo, Suyoto & Yudi, D. B. (2012). Analysis and Design Business Directory for Micro, Small and Medium Enterprises using P Google Maps API and Multimedia. International Journal of Industrial and Systems Engineering, No 6(No.6), 1316–1321. file:///D:/PENELITIAN/industri pariwisata indo/Bahan Jurnal/Analysis-and-Design-Business-Directory-for-Micro-Small-and-Medium-Enterprises-using-Google-Maps-API-and-Multimedia.pdf

Widokarti, J. R. dan, & Priansa, Donni, J. (2019). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Industri Pariwisata (cetakan ke). Penerbit Alfabeta.

Wimmer, Roger D and Dominick, J. R. (2006). Mass Media Research An Introduction (D. A. Brent (Ed.); 8th Editio). Thomson Wadsworth.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v1i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.