PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (ANALISIS SWOT AKUN INSTAGRAM @OLALA.CLOSETS)

Desi Ayu Wantika, Yusuf Sapari, Uun Machsunah

Abstract


Olala.closets sebagai salah satu produsen penghasil produk pakaian remaja dan dewasa yang bertempat di Indramayu telah mengalami peningkatan dalam penjualan dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Instagram ternyata memiliki berbagai fitur menarik yang bisa diakses oleh siapapun saat berselancar mencari informasi mengenai pakaian atau baju yang sedang trend di kalangan anak remaja dan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Olala.closet dalam melakukan Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation, Direct Selling dalam pemanfaatan Instagram sebagai komunikasi pemasaran online untuk menentukan strategi pemasaran usaha Online Shop Olala.closets melalui analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan objek penelitian ini adalah Online Shop @olala.closets. Subjek penelitian ini adalah Owner perusahaan, Admin, dan konsumen. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis lingkungan internal yaitu memiliki kekuatan antara lain model baju tidak ketinggalan jaman, dalam satu tahun mempunyai store, harga produk yang terjangkau, strategi pemasaran melalui media sosial, promosi yang dilakukan dengan baik, mengutamakan kualitas produk. Sedangkan kelemahannya produk tidak sepenuhnya di produksi sendiri, banyak pesaing dengan penjualan yang sama, mahal-nya biaya pengiriman, kualitas pelayanan di instagram belum optimal, kemudian pada kondisi eksternal, peluang yang dimiliki yaitu meningkatnya pengguna instagram, gaya hidup masyarakat yang konsumtif, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, mengikuti event, sedangkan ancaman yang dihadapi yaitu, mudahnya berbisnis online, kualitas dan pelayan pesaing lebih baik, promosi penjualan pesaing lebih baik. Strategi yang dapat diterapkan yaitu dengan meningkatkan strategi pemasaran dengan menggunakan jasa selebgram ibu kota, mempertahankan kerjasama dengan berbagai pihak, meningkatkan promosi diskon, menjaga kualitas produk, selalu mengikuti bazar, meningkatkan kualitas pelayanan, menerapkan harga yang kompetitif.

Kata kunci : Promosi, Fitur Instagram, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146.

https://apjii.or.id/survei

Atmoko, D. B. (2012). Instagram Handbook. Jakarta : Media Kita.

Firmansyah, M Anang, (2020) Komunikasi Pemasaran Jawa Timur:

Qiara media, 2020.

Kennedy, John. E, & Soemanagara, D. (2006). Marketing Communication Taktik & Strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer

kelompok Gramedia.

Kotler, Philip, Armstrong, Gary, (2005), Prinsip-Prinsip Pemasaran,

Jakarta: Erlangga

Morissan, Periklanan (2010). Komunikasi Pemasaran Terpadu,

Jakarta: Salemba Humanika

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus. Jakarta :

PT Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman dan kanuk,(2007). Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Indeks

Gramedia.

Tri Budiman. 2017. Analisis Swot Pada Usaha Kecil Dan Menengah.

LP3ES. UI. Salemba. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v1i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.