IMPLEMENTASI TEKNIK LOBI DAN NEGOSIASI YANG EFEKTIF DALAM MELAKUKAN BISNIS

Tresia Monica Tinambunan, Chontina Siahaan

Abstract


Teknik lobi dan negosiasi merupakan bagian dari komunikasi yang berperan penting dalam kegiatan bisnis. Lobi dan negosiasi yang efektif mempengaruhi kelancaran suatu bisnis karena bisa membantu dalam menciptakan relasi dan kerja sama antar rekan bisnis disuatu perusahaan dan juga bisa membangun komunikasi yang baik untuk mencapai kesepakatan bersama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis teknik – teknik, strategi dan berbagai cara yang perlu dikembangkan supaya bisa berhasil menjalani lobi dan negosiasi terhadap setiap kegiatan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (Library Research) yaitu metode yang mengggunakan sumber data sekunder dengan mencari referensi melalui jurnal, buku, literatur, catatan, serta berbagai dokumen lainnya yang berhubungan dengan persoalan yang ingin diselesaikan. Hasil penelitian menyatakan bahwa keberhasilan lobi dan negosiasi dalam suatu bisnis bergantung pada strategi dan kemampuan saat melobi dan negosiasi pihak tertentu. Teknik lobi dan negosiasi dalam bisnis juga memerlukan proses komunikasi yang efektif supaya tidak ada kesalahpahaman diantara pihak yang melakukan lobi maupun negosiasi dan perlu memahami penyampaian pesan dari pihak yang dilobi atau dinego serta memposisikan diri dengan baik saat proses negosiasi berlangsung.       

Kata Kunci: Teknik Lobi dan Negosiasi, Komunikasi, Bisnis, Efektivitas


Full Text:

PDF

References


Astuti, Sinta Indi, Septo Pawelas Arso, and Putri Asmita Wigati. (2015). ” Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang 3(1):103–11.

Ati, Aster Pujaning. (2015). “Keterampilan Berbicara Dalam Negosiasi.” Journal Applied Buisiness and Economics 1(3):200–212.

Bimo. (2017). 15 Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli. Retrieved from pakarkomunikasi: https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-bisnis-menurut-para-ahli

Evelina, Lidia. (2004). “Pentingnya Keterampilan Berkomunikasi Dalam Lobi Dan Negosiasi.” Jurnal Komunikologi 1(2):50–58.

Faradilla, R. (2021). idntimes. Retrieved from Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Tujuannya: https://www.idntimes.com/business/finance/rinda-faradilla/apa-itu-bisnis/6

frf. (2017). Pengertian Lobbying Dan Karakteristik Lobbying. Retrieved from pengertiandanartikel: http://pengertiandanartikel.blogspot.com/2017/03/pengertian-lobbying-dan-karakteristik.html

group, p. (2018). Pengertian Lobi dan Negosiasi. Retrieved from surabaya.proxsisgroup.com: https://surabaya.proxsisgroup.com/pengertian-lobi-dan-negosiasi/

Hadi, Hamdi. (2019). Catatan Praktis Lobi & Nego Untuk Bisnis. Indigo Media.

Jatmiko, B. P. (2016). Antisipasi 10 Tantangan Dalam Negosiasi. Retrieved from money.kompas.com: https://money.kompas.com/read/2016/06/13/111727826/antisipasi.10.tantangan.dalam.negosiasi?amp=1&page=2&jxconn=1*1mo5qic*other_jxampid*S21wb0pka0o5aHpzR0VWLVg2d1pCXzJtQ0ppVFVwc1ZWMkJjaGNFZW9Mb3FjeVhZWEZjZ2toRGpNcWhibnB6Yg

kotaraya, m. A. (2021). 5 Penyebab Negosiasi Gagal yang Sering Tak Disadari. Retrieved from abckotaraya.id: https://abckotaraya.id/5-penyebab-negosiasi-gagal-yang-sering-tak-disadari/

Kasari, Oktavia. (2020). “Tumbuh Kembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya.” Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG PAUD FKIP Universitas Sriwijaya 7(November):97–105. doi: 10.36706/jtk.

Noer, M. (2018). Kegagalan Negosiasi = Kegagalan Komunikasi. Retrieved from presenta.co.id: https://presenta.co.id/artikel/kegagalan-negosiasi-komunikasi/

Sovia Rosalin, S. D. (2020). Komunikasi Bisnis: Pendekatan Praktis. UB Press.

Syafnidawaty. (2020). DATA SEKUNDER. Retrieved from raharja: https://raharja.ac.id/2020/11/08/data-sekunder/

Tazkiya, Aulia, Mico Aldiansyah, Gina Sonia, and Hendri Sopian Saparingga. (2021). “Meraih Keberhasilan Negosiasi Bisnis Melalui Keterampilan Berkomunikasi.” Jurnal Sosial Sains 1(5):345–58.

Utami, Faiqotul Isma Dwi. (2017). “Efektivitas Komunikasi Negosiasi Dalam Bisnis.” Komunike ix(2):105–22.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.