AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE GWETNIC JOGJA (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Aktivitas Komunikasi Pemasaran Online Gwetnic Melalui Whatsapp Dan Instagram)

Yanus Purwansyah Sriyanto, Desi Nur Fatimah

Abstract


Hadirnya media sosial sebagai media promosi bagi para pelaku dunia usaha saat ini agar produk atau jasa yang dihasilkan tersebut dapat dikenal, diterima, dan sampai ke tangan konsumen. media sosial seperti instagram sebagai media promosi karena media sosial menjadi porsi terbesar bagi konsumen menghabiskan waktunya secara online. Penelitian ini mengkaji mengenai aktivitas komunikasi pemasaran online produk UMKM Gwetnic. Aktivitas berbasis online saat ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran, khususnya para pelaku UMKM. Salah satu yang melakukan itu adalah Gwetnic, dengan produk yang memanfaatkan bahan dasar kain lurik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran online Gwetnic Jogja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kemudian dianalisis menggunakan teori bauran pemasaran (product, price, place, promotion) untuk menjelaskan bagaimana proses aktivitas komunikasi pemasaran serta strategi komunikasi pemasaran produk Gwetnic di berbagai platform online. Hasil penelitian adalah Gwetnic melakukan aktifitas komunikasi pemasaran online dengan strategi media sosial Instagram, termasuk memanfaatkan fitur-fitur Instagram, yaitu Instagram Ads, Ig TV, Highlight, Posting Feed, Ig Story, Reels, Direct Massage dan Like. Gwetnic juga menggunakan platform aplikasi chat Whatsapp status dan grup. Strategi tersebut dijalankan sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan. Dapat diketahui bahwa Product Gwetnic dipasarkan dengan sistem Pre Order dan Custom Design, Price disesuaikan dengan pesaing untuk menentukan harga kepada klien. Place pemasaran dengan pemanfaatan media sosial Instagram dan Whatsapp untuk informasi produk, sementara itu aktivitas Promotion yang dijalankan adalah promo bulanan berupa diskon harga untuk lebih menarik minat pasar.

Kata Kunci: Media Bisnis, Instagram, Bauran Pemasaran, Promosi


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Dennis, Mc Quail. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasran. Jakarta: Erlangga

Kasali, Rhenald. 2008. Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Speaking dan Marketing Communication. Yogyakarta: Bentang.

Kotler & Keller. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Indeks

Kotler, Amstrong. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Liliweri, Alo. 2011. “Komunikasi Serba Ada Serba Makna”. Kencana: Jakarta

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Morrisan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu Cetakan Pertama. Jakarta : Kencana Media Group

Muhtadi, Asep Saeful. 2015. Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia

Mulyana, Deddy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Philp Kotler. 2004. Manajemen Pemasaran, jilid 1. Jakarta: PT.Indeks

Rahkmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Romli, M & Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia

Saladin, Djasmin. 2001. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya.

Siahaan. 1992. Komunikasi Pemahaman dan Penerapannya. Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia

Jurnal

Asriani. 2011. Pemanfaatan Internet Marketing dalam Pemasaran Produk Unggulan Pertanian Provinsi Gorontalo. Jurnal Komunikasi KAREBA. No.3 Vol.1 Juli-September 2011

Dewi Utari, Dewi Endah Fajarina. “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram” Sekretari dan Manajemen. 2. September 2018

Lengkey, Lenny Meyrin Evelyn,dkk. 2014. Peranan Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Pengguna Iklan di Harian Komentar Manado. Journal “Acta Dunia”. Vol.III. No.3

Sarastuti, Dian. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi. Vol,16. No.01, Mei 2017

Setioko, Bambang. 2011. Penggunaan Metode Grounded Theory Dibawah Payung Paradigma Postpositivistik Pada Penelitian Tentang Fenomena Sosial Perkotaan. Modul Vol.11 No.1 Januari

Internet

https://binus.ac.id/knowledge/2019/03/learning-object-dan-digital-content-apa-perbedanya/ (diakses pada tanggal 10 Juni 2020, pukul 22.40)

https://blog.mtarget.co/perkembangan-digital-marketing-di-indonesia/ (diakses pada tanggal 23 April 2020, pukul 22.29)

https://dailysocial.id/post/apa-itu-instagram (diakses pada tanggal 27 April 2020, pukul 23.55)

https://dailysocial.id/post/e-commerce-vs-social-commerce-adu-kemudahan-berbelanja-online (diakses pada tanggal 26 April 2020, pukul 07.13)




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v1i1.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.