ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA LIRIK LAGU “TEMAN INILAH KITA” KARYA GRUP BAND THREESIXTY SKATEPUNK

Mitsalina Muhbiyan Masturah, Raden Bambang Srigati, Warhi Pandapotan Rambe

Abstract


Lagu “Teman Inilah Kita” karya grup band Threesixty Skatepunk ini berusaha menyampaikan pesan mengenai persahabatan. Penelitian ini dilakukan untuk  menganalisis serta menjelaskan makna lirik lagu “Teman Inilah Kita” secara mendalam, di dalam lirik lagu ini terdapat makna dan nilai-nilai tentang persahabatan yang akan dianalisis dan dijelaskan oleh peneliti dengan tujuan untuk mengetahui hasil  dari analisis makna lirik lagu “Teman Inilah Kita” yang bertemakan mengenai persahabatan ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu deskriptif kualitatif dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara online, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini akan ditelaah melalui analisis semiotika model Charles Sanders Peirce dengan menggunakan segitiga makna yang terdapat dalam tiga trikotomi yaitu denotatum (object), ground (representament) dan interpretant. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil analisis semiotika terhadap lirik lagu “Teman Inilah Kita” ini dalam trikotomi pertama yang sering muncul adalah indeks dan symbol, pada trikotomi kedua dapat diketahui bahwa masih banyak kata yang telah menjadi sesuatu yang nyata atau representament, dan pada trikotomi ketiga yang sering muncul adalah rheme dan design. Dapat kita lihat secara keseluruhan kata dan kalimat yang ada dalam lirik lagu tersebut secara semiotik bermakna mengenai persahabatan yang saling mendukung untuk menuju jalan yang lebih baik dan jangan ragu untuk menggapai cita-cita atau impian kita.

Kata Kunci: Analisis Semiotika, Persahabatan, Lirik Lagu “Teman Inilah Kita”, Musik

Full Text:

PDF

References


Azizah, L. N. (n.d.). Gramedia.com. Retrieved from https://www.gramedia.com/literasi/paradigma/

Canggara, H. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Habiebie, D. K. (2018). Dwi fungsi Media Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 80.

Hidayat, A. (n.d.). Statistikan. Retrieved from https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html

Lararenjana, E. (2022). Pengertian Musik dan Unsur-unsurnya, Pelajari Lebih Lanjut. Retrieved from https://www.merdeka.com/jatim/pengertian-musik-dan-unsur-unsurnya- pelajari-lebih-lanjut-kln.html

Meolong. (2014). Retrieved from http://repository.stiedewantara.ac.id/1375/5/BAB%20III.pdf

Muliani, A. (2017). IMPLEMENTASI STRATEGI ONLINE PR TANAMERA COFFEE DALAM MENCIPTAKAN BRAND IMAGE : STUDI KASUS TERHADAP AKUN INSTAGRAM. Skripsi, 51.

Mulyana, D. (2007). Ilmu komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur, B. M. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar, 74.

Nurhaliza, A. S. (n.d.). ANALISIS SEMIOTIKA DALAM LIRIK LAGU QALBI SAJAD KARYA. 2.

Pradistya, R. M. (2021, Februari 9). Dqlab. Retrieved from http://www.dqlab.id/teknik-triangulasi-dalam-pengolahan-data-kualitatif

Priyatna, S. E. (2016). Pemanfaatan Fasilitas Google dalam Perkuliahan di Fakultas Dakwah. Alhiwar Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 55.

Psikologimania. (n.d.). PENGERTIAN SUARA DAN JENIS-JENISNYA. Retrieved from Jurnal Hasil Riset: https://www.e-jurnal.com/2013/12/pengertian-suara- dan-jenis-jenisnya.html

Sobur, A. (2006). Analisis Teks Media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutriana, L. (2022, Mei 28). Persepsi & Fenomena Genre Pop Punk. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/iip-sutriana/persepsi-and-fenomena-genre-pop-punk-1y7YOzyS3Mw#:~:text=Musik%20ini%20biasanya%20digemari%20oleh,erat%20dengan%20kehidupan%20para%20remaja




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v3i2.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.