ANALISIS SEMIOTIK TOKOH WEI ZHONGXIAN DALAM FILM BROTHERHOOD OF BLADES

Agung Wibiyanto, Jahid Syaifullah, Markus Utomo Sukendar

Abstract


Wei Zhongxian merupakan tokoh sejarah orang nomer dua setelah kaisar Tianqi secara nyata yang hidup di akhir kekaisaran Ming  berhasil difilmkan di dalam film Brotherhood of Blades sebagai tokoh antagonis, di mana tergolong sebagai tokoh yang culas, manipulatif dan juga korupsi. Oleh sebab itu di dalam artikel ini akan mengulas semiotika tokoh Wei Zhongxian dalam beberapa scene di film Brotherhood of Blades. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan analisis deskriptif dengan mengambil sumber di dalam beberapa scene tokoh Wei Zhongxian di film Brotherhood of Blades. Dalam membedah tokoh Wei Zhongxian dalam film ini terdiri dari dua aspek denotasi, di mana untuk aspek denotasi di masing masing scene yang didapatkan dapat dirumuskan bahwa Wei Zhongxian masih mempunyai pengaruh yang cukup kuat di dalam jajaran Jinyiwei/pasukan pelindung Kaisar Ming sehingga cukup sulit untuk menyingkirkan dirinya dan juga jaringannya di dalam tubuh pemerintahan. Sedangkan untuk aspek konotasinya, dapat dirumuskan bahwa walaupun Wei Zhongxian sudah tersingkir dalam tubuh pemerintahan, dia mampu memainkan perannya sebagai seorang politisi handal, di mana dapat disimbolkan dalam film ini dengan kekayaan materinya dan dadu sebagai simbolik dari permainan yang dia ciptakan.

Kata Kunci: Wei Zhongxian, analisis semiotik, film Brotherhood of Blades

 


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Irvan Rahman, Judhi Hari Wibowo, and Irmasanthi Danadharta. 2018. “Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Film Kimetsu No Yaiba ‘ Mugen Train .’” untag komunikasi 2(2).

Dewanta, Anak Agung Ngurah Bagus Janitra. 2020. “Analisis Semiotika Dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 9(1): 26–34.

Kevinia, Callista, Putri Syahara, Salwa Aulia, and Tengku Astari. 2022. “Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Dalam Film Miracle in Cell No.7 Versi Indonesia.” Journal of Communication Studies and Society E ISSN-P ISSN 1(2): 38–43. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/commusty.

Lestari, Tri Utami. 2019. “Analisis Semiotik Film Air Mata Surga.” http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5939%0Ahttp://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/5939/SKRIPSI TRI UTAMI LESTARI.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Nirmala, Arini Febiantika, Evi Chamalah, and Leli Nisfi Setiana. 2021. “Analisis Semiotik Film Pendek �Jogo Tonggo� Di Youtube Channel Kominfo Jateng.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 9(1): 58.

Riwu, Asnat, and Tri Pujiati. 2018. “Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film 3 Dara.” Deiksis 10(03): 212.

Theodora, Melisa, Nina Siti Salmaniah Siregar, and Taufik Wal Hidayat. 2023. “Analisis Semiotika Pada Film Parasite Dalam Makna Denotasi Konotasi Dan Pesan Moral.” Jurnal Antropologi Sumatera 19(2): 119.

Wibisono, Panji, and Yunita Sari. 2021. “Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira.” Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi 1(1): 30–43.

Wilson, Jean D., and Claus Roehrborn. 1999. “Long-Term Consequences of Castration in Men: Lessons from the Skoptzy and the Eunuchs of the Chinese and Ottoman Courts.” Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism 84(12): 4324–31.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v3i2.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.