EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM KOMUNIKASI KELOMPOK

Zahrah Isnaini, Agus Supriyono, Shabilla Noor Rachma

Abstract


Penelitian ini mengkaji pemanfaatan platform whatsapp sebagai media komunikasi kelompok. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kelebihan maupun kekurangan whatsapp sebagai salah satu platform media komunikasi serta mengukur keefektifan bentuk penggunaan whatsapp sebagai media komunikasi kelompok. Objek penelitian ini adalah pengguna whatsapp yang sering melakukan komunikasi baik secara personal maupun secara kelompok dan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan Teknik pengambilan data melalui kuesioner terbuka dimana memberikan kesempatan kepada responden untuk menuliskan pendapat pribadi nya terhadap pertanyaan yang tercantum dan sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang yang menggunakan whatsapp. Dan para peneliti juga membaca banyak analisis yang dibuat oleh akademisi dan pengamat dan puluhan informasi yang tersedia di media nasional maupun internasional. Dimana hasil penelitian menunjukan bahwa platform whatsapp sangat membantu dalam komunikasi kelompok dalam berbagai sub bidang mulai dari pendidikan sampai bisnis. Meskipun di lain sisi memiliki kekurangan dalam hal jaringan atau signal yang terkadang kurang stabil.
Kata Kunci: Whatsapp; Whatsapp Grup; Komunikasi Kelompok


Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I., & Darmawan, D. (2013). Teknologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Afnibar, D. F. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar. DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139.

Agustina, S., & Nandiyanto, A. B. D. (2021). The effectiveness of distance learning using learning management system media and whatsapp groups at senior high school. Indonesian Journal of Multidiciplinary Research, 1(1), 89–98.

Ashari, R. G. (2018). Memahami hambatan dan cara lansia mempelajari media sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 155–170.

Bawaneh, S. S. (2011). Does using computer technology improve students’ performance? Evidence from a management accounting course. International Journal of Business and Social Science, 2(10).

Blackwell, C. K., Lauricella, A. R., & Wartella, E. (2014). Factors influencing digital technology use in early childhood education. Computers & Education, 77, 82–90.

cangara, H. H. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi (3rd ed.). Rajawali Press.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783.

Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Frey, L., Botan, C., & Kreps, G. (2000). Investigating communication. NY: Allyn & Bacon.

Hadya Jayani, D. (2019). Penggunaan Whatsapp di indonesia.

Koten, F. P. N., Jufriansah, A., & Hikmatiar, H. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Informasi dalam Pembelajaran: Literature Review. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(1), 72–84.

Maguire, P., & Pitceathly, C. (2002). Key communication skills and how to acquire them. Bmj, 325(7366), 697–700.

Miller, G. A. (1951). Language and communication.

Prajana.a. (2017). Pemanfaatan aplikasi whatsapp dalam media pembelajaran di UIN Ar-Raniry banda aceh. Jurnal Pendidkan Dan Teknologi Informasi, 1(2), 122–133.

Pratama, H. Yusro. (2016). Implementasi whatsapp mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar mahsiswa pokok bahasan pengenalan komponen elektronika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 2(2), 65–69.

Rohmahtika, I. H. (2021). ANALISIS KOMUNIKASI PADA WHATSAPP GROUP ENGENE JOGJA DALAM MEMPERTAHANKAN KOHESIVITAS KELOMPOK. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Smith, A. W. (2021). Digital Age: A Study of Older Adults’ User Experiences with Technology. Purdue University Graduate School.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81–86.

Susilo, A., & Sofiarini, A. (2021). Use of WhatsApp group as learning media in higher education during the COVID-19 pandemic. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 400–410.

Sutikno, T., Handayani, L., Stiawan, D., Riyadi, M. A., & Subroto, I. M. I. (2016). WhatsApp, viber and telegram: Which is the best for instant messaging? International Journal of Electrical & Computer Engineering (2088-8708), 6(3).

Tubbs, S. L. (n.d.). Sylvia Moss. 1996. Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar.

Umniyah, A. (2021). WhatsApp Group Features as a Learning Media in The Speaking Activities during Pandemic COVID-19 at MA Bustanul Ulum in Sampang. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Utomo, S. W, Ubaidillah, M. (2018). Pemanfaatan aplikasi whatsapp pada pembelajran berbasis masalah untuk mata kuliah akutansi internasional di universitas PGRI madiun. 6(2), 199–211.

Wheaver, S. (1949). No Title.

Wiryanto. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yusriani, Y., & Acob, J. R. U. (2020). Education through WhatsApp media in changing of smoking behavior among senior high school students. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 15(3).

Yuwafik, H., & Muhid, A. (2020). Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Remaja Islam Wonorejo Malang. KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan …, 10, 217–230. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v3i1.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.