KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA PERTEMANAN MAHASISWA LINTAS AGAMA DI STAB NEGERI RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Rahayu Sri Astuti, Situ Asih, Ahmad Setyoko

Abstract


Penelitian ini membahas tentang komunikasi antarpribadi pada pertemanan yang dilakukan mahasiswa lintas agama di STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan menggambarkan dan membahas bagaimana komunikasi antarpribadi yang terjadi di lingkungan STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah dan bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait bagaimana cara berkomunikasi antarpribadi dengan teman berbeda agama agar dapat menjalin hubungan pertemanan yang baik dan harmonis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memahami aspek-aspek pertemanan yang diterapkan oleh subjek penelitian. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi karena berusaha untuk mengungkap perilaku serta berusaha memahami suatu fenomena khas pada perilaku mahasiswa lintas agama di STAB Negeri Raden Wijaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menjalin hubungan pertemanan lintas agama mahasiswa STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah sudah baik karena sebagian besar mahasiswa dari total populasi penelitian telah memenuhi aspek-aspek dalam menjalin pertemanan dengan menerapkan sikap-sikap yang didukung dengan penerapan indikator efektivitas komunikasi antarpribadi. Komunikasi antarpribadi yang dilakukan mahasiswa menyangkut tentang keterbukaan, empati, perilaku positif, perilaku suportif, dan kesamaan yang didukung oleh kerukunan antar umat beragama.

Kata Kunci: Komunikasi, Antarpribadi, Lintas Agama, Pertemanan

Full Text:

PDF

References


Asih, S. (2022). Pengaruh informasi melalui Whatsapp (WA) group terhadap sikap toleran di kalangan generasi muda buddhis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 286–294.

Ayudia, I., Sidiq, F., Zahara, R., Fatmawati, Ningsih, S., Mustofa, M., Aprilia, R., Fauza, D. K. M., Hartutik, Nurlaila, Mustika, F., Yusrizal, R. P. S., & Maisarah. (2022). Pendidikan IPS Sekolah Dasar (Maisarah (ed.)). MEDIA SAINS INDONESIA.

Gandhi, A. M. (2020). Komunikasi Interpersonal Dalam Menjaga Kerukunan Beragama. Jurnal Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial, Dan Budaya, 11(2), 54–61.

Habibin, E., Sugandi, & Dwivayani, K. D. (2018). Komunikasi Interpersonal Antara Masyarakat Islam Dan Kristen Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama Di Desa Budaya Pampang. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 348–362.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi (D. E. Restiani (ed.); 1st ed.). CV Jejak (Jejak Publisher).

Hutagalung, S. (2021). Pendampingan Pastoral (B. Purba (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Katagiri, M., Otsubo, H., Kagawa, K., Seyama, G., & Hashizume, A. (2021). Interdisciplinary Neurosurgery : Advanced Techniques and Case Management Interpersonal communication skills related to seizure outcomes in pediatric patients with vagus nerve stimulation. Interdisciplinary Neurosurgery: Advanced Techniques and Case Management, 24, 101080. https://doi.org/10.1016/j.inat.2020.101080

Lamirin. (2021). Monograf Pengaruh Komunikasi Interpersonal & Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Pengurus Vihara (Haudi (ed.); 1st ed.). Insan Cendekia Mandiri.

Lestari, G. (2021). Radikalisme Atas Nama Agama dalam Perspektif Intelektual Muda di Tengal Realitas Multikultural. Khazanah Theologia, 3(3), 181–193.

Molyo, P. D., & Faizul, M. (2018). Atraksi Interpersonal dalam Komunitas Beda Agama. JURNAL NOMOSLECA, 4(1), 703–713.

Nurhayati, S. (2021). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Menjalin Pertemanan Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pinontoan, D. H. . (2022). Pertemanan Kumpulan Kisah tentang Hidup Berelasi. Pasini Pustaka.

Putri, K. A., & Sawitri, D. R. (2018). Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Interpersonal Siswa dan Guru Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Empati, 7(1), 165–174.

Rahmi, S. (2021). Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya Dalam Konseling (1st ed.). Syiah Kuala University Press.

Saefulloh, A., Syarif, M., & Dahlan, H. D. (2019). Model Pendidikan Islam bagi Pecandu Narkotika (F. Al-Mughni (ed.); 1st ed.). Deepublish (CV.Budi Utama).

Sumar, Sutrisno, & Sudarto. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Penyuluh Agama Buddha Dalam Meningkatkan Keaktifan Umat Untuk Mengikuti Kegiatan di Vihara Kabupaten Kulon Progo. Nivedana: Jurnal Komunikasi & Bahasa, 1(2), 134–147.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v3i2.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.