HALLYU WAVE DI INDONESIA: PENERIMAAN KHALAYAK TERHADAP BRAND AMBASSADOR IDOL K-POP DI INDONESIA

Nathania Chelsea Mineri, Antonius R. Pujo Purnomo

Abstract


Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan khalayak khususnya para generasi muda terhadap banyaknya grup idol K-Pop yang menjadi brand ambassador bagi produk maupun lembaga di Indonesia saat ini. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi milik Stuart Hall. Data dalam penelitian ini didapat dari beberapa responden yang merupakan kawula muda yang tinggal di Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara semi-terstruktur, yang kemudian dianalisis dengan analisis resepsi milik Stuart Hall yang berusaha untuk melihat penerimaan khalayak ke dalam tiga posisi penerimaan yakni posisi dominan hegemoni, negosiasi, dan oposisi. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan bahwa resepsi atau pemaknaan yang diberikan baik terhadap keberadaan Hallyu Wave dan penggunaan brand ambassador idol K-Pop di Indonesia didominasi oleh posisi negosiasi atau negotiated position yang dapat diartikan bahwa khalayak dapat menerima pesan dominan yang diberikan namun terdapat sebuah penolakan dengan melakukan seleksi terhadap pesan tersebut. Layaknya pisau bermata dua, hallyu dan penggunaan idol K-Pop sebagai brand ambassador dapat menimbulkan keuntungan dengan meningkatkan penjualan atau revenue dan juga kerugian dengan sikap fanatisme penggemar yang bahkan merusak produk. Masyarakat khususnya penggemar memiliki suatu tuntutan untuk senantiasa bersikap kritis dan objektif terhadap hal maupun budaya baru yang kita terima.

Kata Kunci: Analisis Resepsi, Brand Ambassador, Hallyu, K-Pop


Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2022, October 12). Gaet NCT, Compas Dashboard Temukan Penjualan Mi Instan Lemonilo Melonjak 154%. Databoks. Retrieved December 7, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/12/gaet-nct-compas-dashboard-temukan-penjualan-mi-instan-lemonilo-melonjak-154

Dewi, R. K. (2022, January 26). Ramai soal Bungkus Lemonilo Disobek Diduga Mencari Photocard NCT Dream Halaman all. Kompas.com. Retrieved December 7, 2022, from https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/26/212511865/ramai-soal-bungkus-lemonilo-disobek-diduga-mencari-photocard-nct-dream?page=all

Elvira, V. (2022, January 26). Jadi Brand Ambassador, Photocard NCT Dream Bakal Ada di Kemasan Special Lemonilo. Kontan/Lifestyle. Retrieved December 10, 2022, from https://lifestyle.kontan.co.id/news/jadi-brand-ambassador-photocard-nct-dream-bakal-ada-di-kemasan-special-lemonilo-1

Evanda, S. N. (2021, Agustus 24). Ramai Keluhan Paket Tokopedia x BTS Dibobol, Penyalahgunaan oleh Oknum? Kumparan. Retrieved December 7, 2022, from https://kumparan.com/sevilla-nouval-evanda/ramai-keluhan-paket-tokopedia-x-bts-dibobol-penyalahgunaan-oleh-oknum-1wOYKqCI8uS/full

Fauziah, P. I. N. (2022, November 29). Oreo BLACKPINK Berhadiah Photocard Member, Berikut Harganya. IDN Times. Retrieved December 7, 2022, from https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putri-intan-nur-fauziah/oreo-blackpink-1

Febrian. (2012). Analisis Resepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang Terhadap Tayangan Iklan Televisi Layanan SMS Premium Versi Ramalan Paranormal. The Messenger, 4(1), 50-58. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v4i2.160

Haris, M. R. (2019). Resepsi Komunitas KPop Makassar Terhadap Budaya Korea dalam Channel YouTube. UIN Alauddin Makassar.

Hayati, S. D. Y., Prabowo, A., & Hijranti, U. R. (2022). Kebijaksanaan dan fanatisme pada penggemar K-Pop. Cognicia, 10(1), 42-50. 10.22219/cognicia.v10i1.20089

Javier, F. (2021, October 16). Ditonton 111 Juta Pengguna, Squid Game Pecahkan Rekor Sebagai Serial Netflix Terpopuler. Data. Retrieved October 8, 2022, from https://data.tempo.co/data/1236/ditonton-111-juta-pengguna-squid-game-pecahkan-rekor-sebagai-serial-netflix-terpopuler

Khoirunissa, J. (2021, September 23). Siap-siap ARMY! BTS Photocard Akan Hadir Lagi di Tokopedia. detikInet. Retrieved December 7, 2022, from https://inet.detik.com/business/d-5736329/siap-siap-army-bts-photocard-akan-hadir-lagi-di-tokopedia

Marinescu, V. (2014). The Global Impact of South Korean Popular Culture: Hallyu Unbound. Maryland: Lexington Books.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustikawati, R. (2020). THE BIGGER WAVE OF HALLYU (한류) IN INDONESIA: GLOCALIZATION? PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 6(1), 367-378. https://doi.org/10.20319/pijss.2020.61.367378

Nasri, H. (2020). PENGARUH BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND AWARENESS TOKOPEDIA DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6813

Oktaviani, J., & Pramadya, T. P. (2021). Korean Wave (Hallyu)dan Persepsi Kaum Muda di Indonesia: Peran Media dan Diplomasi Publik Korea Selatan. Insignia Journal of International Relations, 8(1), 87-100. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/insignia/article/view/3857/2143

Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68-80.

Rohmansyah, S., & Hapsari, R. (2022). INTERPRETASI MASKULINITAS PADA IKLAN SKINCARE PRIA (Studi Resepsi Stuart Hall pada Khalayak Pria). Broadcasting Communication, 4(1).

Sari, R. P. (2020, March 29). Jadi Bintang Iklan Minuman, Taeyong NCT 127 Bilang Mantul. Kompas.com. Retrieved December 10, 2022, from https://www.kompas.com/hype/read/2020/03/29/201916266/jadi-bintang-iklan-minuman-taeyong-nct-127-bilang-mantul

Sari, Y. (2012). Korean Wave dari K-POP Hingga Tampil Gaya Ala Korea. Idea Terra Media Pustaka.

Setyaningrum, T. S. (2021). RESEPSI EXO L JOGJA TERHADAP MASKULINITAS EXO DALAM MUSIK VIDEO OBSESSION [Skripsi]. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Sukma, E., & Santosa, A. (2020). Pengaruh Hallyu, Ambassador Merek, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Republik Natur di Yogyakarta. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2). https://doi.org/10.31846/jae.v8i2.289

Toni, A., & Fajariko, D. (2017). Studi Resepsi Mahasiswa Broadcasting Universitas Mercu Buana Pada Film Journalism “Kill The Messenger”. Jurnal Komunikasi, 9(2), 151-163. https://doi.org/10.24912/jk.v9i2.161

Tunshorin, C. (2016). Analisis Resepsi Budaya Populer Korea pada Eternal Jewel Dance Community Yogyakarta. Profetik, 10(1). https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1191

Wuryanta, E. W. (2012). Di antara Pusaran Gelombang Korea (Menyimak Fenomena K-Pop di Indonesia). Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 79-94.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v3i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.