KONTESTASI BUZZER POLITIK DALAM LANGGAM POLITIK DIGITAL

Bambang Arianto

Abstract


Artikel ini bertujuan mengelaborasi peran buzzer politik dalam langgam politik digital di Indonesia. Dalam kampanye politik, buzzer politik bertugas memperkuat program kerja hingga isu spesifik para kandidat politik melalui trending topik yang kemudian diafirmasi oleh para pemilih. Buzzer politik berupaya memperkuat pesan melalui trending topik yang dijadikan alat propaganda politik untuk memutarbalikan fakta dan opini publik. Dampaknya langgam politik digital dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 hanya dipenuhi pertarungan antar tagar (hashtag). Meski begitu, buzzer politik turut berkontribusi membangun tagar-tagar dengan kata kunci populis. Tagar yang dibangun sebagai bagian dari partisipasi digital dan bentuk protes para warganet. Artikel ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (literature review) dengan dukungan berbagai informasi dari media online sesuai topik penelitian. Artikel ini berpendapat bahwa peran para buzzer politik dapat dikategorikan sebagai salah satu kelompok penekan gaya baru dalam langgam demokrasi digital di Indonesia.

Kata Kunci: Buzzer Politik, Kelompok Penekan, Politik Digital


Full Text:

PDF

References


Andrain & Smith (2006). Political Democracy, Trust and Social Justice: A Comparative Overview. Northeeastern University Press: Boston.

Arianto. B. (2020). Salah Kaprah Ihwal Buzzer : Analisis Percakapan Warganet di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan (JIIP) Undip, 5 (1), 1–20.

Bowman, B. S., & Willis, C. (2003). We Media: How audiences are shaping the future of news and information. California: The Media Center at the American Press Institute.

Castells, M. (2007). Communication, power and counter-power in the network society. International journal of communication, 1(1), 29.

Dahl, A, (1971). Poliarchy: Participation and Oppostion. Yale University Press. Ithaca

Dahlberg & Siapera. (2007). Radical Democracy and the Internet Interrogating Theory and Practice. New York: Palgrave Macmillan

Dea.uii.ac.id. (2019). Data-data percakapan twitter milik Drone Emprit Academic Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta

Detik.com. (2017). https://news.detik.com/berita/d-3407911/55-percakapan-soal-pilgub-di-twitter-berasal-dari-luar-dki

Diamond, L (1994) Political Culture and Democrcay in Developing Countries. Lynne Reinner Publisher. London.

Dijk, J.A.G.M. (2013). Digital Democracy: Vision and Reality dalam I. Snellen & W. van de Donk ‘Public Administration in the Information Age: Revisited’, IOS- Press, 2013

Fahmi, I. (2019). Buzzer Politik dan Demokrasi. Makalah Diskusi MKP Corner UGM. Drone Emprit Academic Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Gross, T. (2002). E-democracy and community networks: political visions, technological opportunities and social reality. In Electronic government: Design, applications and management (pp. 249-266). IGI Global.

Hadiz, V.R. (2003). Decentralization and democracy in Indonesia: A critique of neo-institutionalist perspectives, City University of Hong Kong. Vol. 47.

Hamid, V. (2014). Angin Harapan Demokrasi Digital, Nostaligia Demokrasi klasik, Transformasi Ruang Publik dan Politisasi Media Sosial. Dalam Priyono dan Hamid (ed). Kepustakaan Populer Gramedia. Jakarta.

Held, D, (1996). Models of Democracy, 2th edition. Stanford University Press, Stanford.

Heryanto, G. (2009). Ruang Publik Komunikasi Virtual. https://www.uinjkt.ac.id/id/ruang-publik-komunitas-virtual/

Kaplan, A & Michael Haenlein (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53 (1), 59–68.

Kompas.com. (2016). http://regional.kompas.com/read/2016/10/03/22170231/ahok.ngaku.tak.pernah.bayar.buzzer.media.sosial

Kotler, P., & Roberto, E. L. (1989). Social marketing: Strategies for changing public behavior. New York : The Free Press

Macintosh, A. (2008). E-democracy and e-participation research in Europe. In Digital government (pp. 85-102). Springer, Boston, MA.

Marjan, K (2010). Sistem Politik Indonesia, Konsolidasi Demokrasi Pasca Orde Baru. Prenada Media, Jakarta.

Pamungkas & Octaviani. (2017). Aksi bela Islam dan ruang publik muslim: dari representasi daring ke komunitas luring. Jurnal Pemikiran Sosiologi 4, no. 2 (2017): 65-87.

Robert, N (2004). Publik Deliberation in an Age of Direct Citizen Participation, America Review of Public Administration.

Tirto.id. (2017). https://tirto.id/memantau-perang-tagar-di-sosmed-jelang-debat-pilgub-dki-chM1

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan, Cetakan 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.