STRATEGI KOMUNIKASI PODCAST DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS PADA PODCAST MANUSIA KEJU)
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini mulai banyak memunculkan media baru. Salah satu platform media baru yang sedang trend di Indonesia adalah podcast. Podcast adalah sebuah produk audio yang diunggah dan dapat didengarkan di manapun. Eksistensi podcast sendiri sudah tidak dapat dicegah. Hal tersebut didukung dengan munculnya podcaster yang berasal dari kalangan artis, influencer, dan public figure. Podcast Manusia Keju merupakan podcast baru yang bertema monolog terntang kehidupan. Beragam jenis podcast menyebabkan satu dan lainnya harus bersaing untuk mendapat pendengar setia dan mengunggah konten yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Studi kasus dilakukan pada Podcast Manusia Keju. Hasil penelitian ini adalah podcast Manusia Keju memiliki strategi komunikasi yaitu mengedepankan konten yang relate dengan kehidupan menggunakan gaya storytelling, melakukan integrasi dengan media sosial dalam membagikan aktivitas, dan menggunakan teknik word of mouth di lingkungan sekitar. Melalui strategi tersebut, podcast Manusia Keju memiliki pencapaian yaitu memiliki 10 episode dengan 500 kali penayangan di Spotify dan bisa mengikuti kegiatan dari Kominfo.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Podcast, Manusia Keju, Eksistensi, Era Digital.Full Text:
PDFReferences
Bayu, D. J. (2021). Anak Muda Dominasi Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia | Databoks. Databooks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/10/anak-muda-dominasi-jumlah-pendengar-podcast-di-indonesiapendengar-podcast-di-indonesia-didominasi-anak-muda
Brown, A., & Green, T. D. (2007). Video Podcasting in Perspective: The History, Technology, Aesthetics, and Instructional Uses of a New Medium. Journal of Educational Technology Systems, 36(1), 3–17. https://doi.org/10.2190/et.36.1.b
Effendy, O. (2000). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. In Komunikasi dalam sebuah organisasi. PT. Remaja Rosdakarya. https://difarepositories.uin-suka.ac.id/50/1/ILMU KOMUNIKASI Teori dan Praktik Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy.pdf
Flew, T., & Smith, R. K. (2018). New Media: An Introduction. Oxford University Press. https://books.google.co.id/books?id=AOeYtAEACAAJ
Latief, R. (2019). Word of mouth communication: penjualan produk. Media Sahabat Cendekia. https://books.google.co.id/books?id=6HiWDwAAQBAJ
Moleong, L. J., & Surjaman, T. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya. https://books.google.co.id/books?id=YXsknQEACAAJ
Mondry, M. S. (2008). Pemahaman teori dan praktik jurnalistik. Penerbit Ghalia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=dS6ztQEACAAJ
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619
Sari, A. W. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–10.
Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).
Supradono, B., & Hanum, A. N. (2011). PERAN SOSIAL MEDIA UNTUK MANAJEMEN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN PADA LAYANAN E-COMMERCE. Value Added : Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 13. https://doi.org/10.1016/j.cyto.2015.08.063
DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v1i2.11
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:
In Cooperation With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.