REPRESENTASI PESAN SELFLOVE DALAM LIRIK LAGU “TUTUR BATIN” KARYA YURA YUNITA

Shela Marlita, Dian Rhesa Rahmayanti, Warhi Pandapotan Rambe

Abstract


Saat ini musik tidak hanya digunakan sebagai media hiburan saja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, musik juga digunakan sebagai media penyampaian pesan. Banyak penyanyi yang menyuarakan pesan sosial yang disebarkan melalui lagu. Melalui lirik lagu dan nada yang diciptakan oleh penulis lagu akhirnya digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan sosial ke masyarakat. Tutur Batin merupakan lagu yang diciptakan oleh Yura Yunita dalam album ketiganya. lirik lagu ini memiliki makna mengenai penerimaan diri seorang perempuan. Mengingat banyak sekali problematika yang dialami oleh perempuan mengenai kecemasan, depresi, ketakutan, beauty standart, toxic femininity dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mencari makna representasi pesan Selflove dalam lirik lagu Tutur Batin karya Yura Yunita. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang berlandaskan pada paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pesan Selflove yang disampaikan oleh pencipta lagu, khususnya mengenai proses penerimaan diri sendiri yang sangat kompleks sesuai dengan apa yang banyak dialami oleh perempuan. Bentuk pesan Selflove yang disampaikan melalui lirik lagu yang sudah dianalisis adalah bersyukur dengan keadaan diri sendiri, mencintai, menyemangati, menghargai diri kita sendiri dan berhenti untuk selalu menuntut diri kita menjadi seperti yang orang lain mau.

Kata Kunci: Representasi, Lirik Lagu Tutur Batin, Selflove, Semiotika Roland Barthes

Full Text:

PDF

References


Adha, Fandi Achmad Purntoro. (2021). “Biodata dan Profil Yura Yunita Lengkap, Penyanyi Keturunan Sunda pelantun Tutur Batin Bersuara Merdu”. Diakses melalui https://portaljember.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-162864999/biodata-dan-profil-yura-yunita-lengkap-penyanyi-keturunan- sunda-pelantun-tutur-batin-bersuara-merdu?page=3

Ananda. (2021). “Komunikasi Massa: Pengertian, Fungsi, dan Karakteristiknya,”. Diakses melalui https://www.gramedia.com/literasi/komunikasi-massa/

Caesaria, Sandra Desi. (2021). Perempuan Lebih Mudah Idap Gangguan Mental. Diakses melalui https://www.kompas.com/edu/read/2021/04/28/120000271/perempuan-lebih-mudah-idap-gangguan-mental-ini-penjelasan-pakar-unair?page=all

Damayanti, Indah Kusuma. (2022). Makna Terhadap Mitos dalam Lirik Lagu “Takut” Karya Idgitaf: Kajian Semiotika Roland Barthes. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volumen 9, Nomor 1, Januari.

Grimonia, Eya. (2014). Dunia Musik: Sains-Musik Untuk Kebaikan Hidup. Bandung: Fiksi Indonesia Nuansa Cendekia.

Habib, Hastrio Husein Al. (2020). Representasi Makna Patah Hati Melalui Lirik Lagu Pamer Bojo-Didi Kempot (Analisis Semiotik Roland Barthes). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.

Info.populix.co. (2021). “Media sosial adalah: contoh hingga manfaatnya bagi pebisnis,” Diakses melalui https://info.populix.co/articles/media-sosial-adalah/

Manzilati, Asfi. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Popbela.com. (2018). “Cerita Yura Yunita Mengawali Karier Sampai Nangis di Panggung”. Diakses melalui https://www.popbela.com/career/working-life/yura-yunita/yura-yunita-bermusik-mandiri-lewat-jalur- indie/6

Ratunis, Ghea Pradita. (2020). Representasi Makna Kesendirian Pada Lirik Lagu “Ruang Sendiri” Karya Tulus. Jurnal Penelitian Humaniora. Volume 25, Nomor 2, Oktober.

Venus, Dkk. (2016). “Motif Anggota Komunitas Musik Hip Hop Run BDG Bandung”. Jurnal. Universitas Padjadjaran.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.