ANALISIS KEPUASAN PENONTON SINETRON IKATAN CINTA DI RCTI

Nurul Fateha, Ririn Risnawati, Ahmad Yusron

Abstract


Televisi dianggap dapat memuaskan kebutuhan penggunanya dalam menyampaikan informasi, edukasi dan hiburan. RCTI merupakan salah satu stasiun televisi swasta nasional yang menayangkan Sinetron Ikatan Cinta ini mampu mempengaruhi penonton dari anak-anak hingga orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kepuasan penonton Sinetron Ikatan Cinta RCTI dikalangan Ibu-ibu Blok Dukuturus RT 05/ RW 01 Desa Pamijahan Kecamatan Plumbon Cirebon. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survey deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan kepustakaan melalui buku. Data diperoleh dari hasil kuesioner yang diolah menggunakan SPSS versi 20. Tingkat kepuasan dapat dilihat dari selisih Gratification Sought (GS) atau kepuasan yang diinginkan dan Gratification Obtained (GO) atau kepuasan yang didapat. Penelitian ini menggunakan sebanyak 65 orang sebagai responden. Hasil penelitian berdasarkan olah data dari SPSS, perhitungan dari 22 item pernyataan, nilai mean GS sebesar 2,84 dan nilai mean GO sebesar 3,72 dari pengambilan keputusan mean skor GS lebih kecil dari mean skor GO (GS<GO) maka terjadi kesenjangan kepuasan karena kepuasan yang didapatkan lebih besar dibanding dengan kepuasan yang diinginkan. Dengan kata lain bahwa Sinetron Ikatan Cinta tersebut memuaskan penontonnya. Sedangkan untuk perhitungan dari 65 responden jumlah GS sebesar 4055 dan jumlah GO sebesar 5313. Maka GO > GS. Jika dilihat dari Tingkat Kepuasan penonton diketahui masuk pada kategori puas dengan interval 16-24 yaitu sebanyak 33 responden atau 50,7% dengan kata lain Sinetron Ikatan Cinta dapat memuaskan penontonnya dengan baik.

Kata kunci: Gratification Obtained (GO), Gratification Sought (GS), Kepuasan Khalayak, Sinetron Ikatan Cinta

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. (2010). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations : Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Erlina, Titik. (2017). Motif dan Kepuasan Penonton Serial Lonceng Cinta di Antv. Program Studi Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin Dakwah Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Kriyantono, Rachmat. (2014). Teknis Praktis Ilmu Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Labib, Muh. (2002). Potret Sinetron Indonesia. Jakarta : Mandar Utama.

Liliweri, DR Alo. (2017). Komunikasi Antar Pribadi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikaasi Massa. Jakarta : Salemba Humanika.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta : Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutaqqiatun, Eva. (2016). Analisis Efek Tayangan Program Talk Show” Mama & Aa’ Beraksi”Episode Pengaruh Media Sosial” Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi. Universitas Respati Yogyakarta.

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Popular. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Prasetyo, Tri. (2015). Believe in Telievisi. Cetakan Pertama.

Sugiyono. (2017). Media Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widyawati, Aviana Vrisca. (2018). Tingkat Kepuasan Pembaca Jawa Pos Radar Solo. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi. Universitas Respati Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v2i1.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats