ANALISIS KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BY.U SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN INFORMASI & KOMUNIKASI

Afifah Subhah Nafsyah, Suci Rahayu Maulidyah, Azki Srirazki Nurlia, Wulan Putri Adhyanti

Abstract


Sebagai perusahaan yang memiliki nilai digitalisasi dalam pengembangan produknya, maka dalam membangun informasi melalui media sosial instagram by.U aktif melakukan aktivitas media sosial yang dapat terlihat melalui postingan konten yang bervariatif dan menarik. Konten instagram disesuaikan dengan karakter dari segmentasi audience by.U yaitu generasi millenial. Dengan menggunakan konsep empat pilar strategi media sosial yang dikemukakan oleh Lon Safko dan David K.Brake dalam bukunya yang berjudul The Social Media BibleTactics, Tools & Strategies For Business Success, meliputi konten hiburan, konten kolaborasi, konten edukasi dan konten informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan karakteristik konten yang disajikan (dari tingkat kejelasan pesan) dan keterlibatan audiens pada instagram @byu.id untuk strategi menyampaikan informasi pada audiens. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif, paradigma kritis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rentan waktu 2 Oktober – 2 Desember 2021 by.U menyajikan berbagai jenis konten yang sesuai dengan konsep empat pilar strategi media sosial. Dari keempat pilar tersebut, konten kolaborasi lebih banyak diunggah dibandingkan dengan kategori konten lainnya. Akan tetapi, dalam penyebaran informasi untuk menjangkau audiens nya, konten hiburan dianggap lebih interaktif. Selain itu, sebagai salah satu upaya dalam membangun komunikasi dan interaksi by.U menggunakan kata “DUA” dalam setiap unggahan kontennya, hal tersebut merupakan salah satu bentuk strategi komunikasi yang dilakukan untuk membranding dan membentuk awareness audiens pada peringatan anniversary by.U yang kedua.

Kata Kunci: Media Sosial, Konten Instagram, Media Komunikasi, Konsep Empat Pilar


Full Text:

PDF

References


Andriansyah, Yahya. (2017). Makna kritik sosial DALAM LIRIK LAGU (Analisis Hermeneutika Dalam Lirik Lagu "Humaniora, Perahu Kota, Dan Insan Loba" Karya Innocenti). Thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Mizanie, D., & Irwansyah, I. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Kehumasan Digital Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi, 13(2), 149–164. https://doi.org/10.21107/komunikasi.v13i2.5099

Nandaryani, Ni Wayan, dkk. (2021). Analisis Desain Konten Instagram Sebagai Strategi Promosi @sayurboxbali. Jurnal Nasional Desain dan Arsitektur. vol. 4.

Natama, J. A. (2021). Analisis Konten Instagram Lippo Plaza Ekalokasari Bogor. Skripsi, Universitas Telkom.

Nurbaiti, Dewi., & Siti Nurjanah. (2018). Pengaruh Konten Edukasi dan Konten Rekreasi Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), Vol.3, 233-242.

Pratiwi, Lintang Corina Damayanti. (2020). ANALISIS KONTEN MEDIA DIGITAL (Studi Deskriptif pada Akun Instagram @kampoengrajoet). Skripsi, Universitas Telkom.

Rachmawati, I., Millayani, H., & Ariyanti, M. (2021). Pemasaran Melalui Media Sosial untuk Usaha Mikro Kecil Menengah. Bandung: Tel-U Press.

Raharja, Sam’un Jaja. Kolaborasi Sebagai Strategi Bisnis Masa Depan. Universitas Padjadjaran.

Wuebben, J. (2012). Content is Currency Developing Powerful Content for Web and Mobile. Boston : Nicholas Brealey Publishing




DOI: https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed by:

   

In Cooperation With:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.